Home / Jakarta / Nasional

Sabtu, 21 Januari 2023 - 22:04 WIB

Audiensi Menko Airlangga dengan BEM KM UGM Berlangsung Santai dan Akrab

Jakarta, buanaangkasa.com — Pemerintah terus mendorong pembangunan Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan kemajuan bangsa, termasuk dengan melibatkan mahasiswa yang juga menjadi penentu masa depan. Pemerintah juga senantiasa membuka diri bagi insan akademisi tersebut untuk memberi masukan terhadap berbagai kebijakan atau program Pemerintah.

Menerima kunjungan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UGM, Jumat (19/01), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berdiskusi dan menerima sejumlah masukan mengenai berbagai hal terkait dengan perkembangan dunia perekonomian hingga pendidikan.

“Ini sebuah kesempatan bagi adik-adik semua, karena selain kuliah juga aktif di organisasi mahasiswa, relatif jadwal kuliahnya tidak terganggu. Kalau dulu kita beralasan lama (lulusnya) karena beraktivitas di kampus, tapi ini saya lihat semuanya yakin Februari lulus. Jadi luar biasa, selamat,” tutur Menko Airlangga dalam audiensi di selasar Loka Kretagama Kemenko Perekonomian tersebut.

Baca Juga :  Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda: Ajak Masyarakat Jadi Bagian Momentum Bersejarah

Terkait kegiatan yang akan dilakukan BEM KM UGM ke depannya, Menko Airlangga mengapresiasi seluruh mahasiswa yang aktif di BEM, karena sudah mewakili fungsi mahasiswa untuk kritis.

“Jadi itu memang tugas untuk menganalisis dan mengkaji secara ilmiah. Bahkan, Pemerintah pun mengambil kebijakan dengan impact assessment. Kalau fungsi itu dijalankan mahasiswa ya bagus juga, karena itu menjadi salah satu yang sekarang dalam proses pembuatan UU perlu meaningful participation. Dalam hal ini teman-teman mahasiswa bisa menjalankan fungsi kritis, memberi masukan dalam kebijakan publik,” ungkap Menko Airlangga.

Menurut Menko Airlangga, beberapa kegiatan kemasyarakatan yang harus sering disoroti oleh civitas akademika UGM yakni korupsi dan kemiskinan, termasuk juga isu-isu terkait kesejahteraan yang dihubungkan dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Baca Juga :  Saat Presiden dan Menhan Beli Blangkon Madura

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyarankan agar para mahasiswa lebih aktif lagi menjalankan kewirausahaan. Lulusan perguruan tinggi juga diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja untuk orang lain.

“Program-program dari kantor Kemenko bisa didorong dalam bentuk pelatihan maupun fasilitasi pembiayaan melalui KUR. Ini bisa mendorong entrepreneurship. Untuk kesempatan ke depan, perlu juga soal digitalisasi yang rata-rata diikuti oleh anak muda, termasuk mahasiswa/i UGM. Wave fintech sangat cepat, untuk aplikasinya dijalankan oleh anak muda, dan startup biasanya tidak memerlukan modal yang besar,” pungkas Menko Airlangga. (rep/fsr)

***

Share :

Baca Juga

Jakarta

Indonesia dan Singapura Eratkan Kerja Sama Bangkitkan Perekonomian di Bidang Pariwisata dan Transisi Energi

Nasional

Presiden Jokowi Resmi Buka Perdagangan Bursa 2023

Jakarta

Didukung Inklusi Keuangan, Sinergi dan Kolaborasi Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Jawa Barat

Resmikan Masjid At-Thohir, Presiden: Manfaatkan untuk Tingkatkan Wawasan Keislaman

Nasional

Pemerintah Cairkan Gaji ke-13 ASN dan Pensiun Mulai Awal Juli

Nasional

Inilah PP 16/2022 tentang THR dan Gaji ke-13 Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan 2022

Jakarta

Presiden Jokowi Tegaskan Biaya Haji Tahun 2023 Masih Dikaji

Nasional

Forum Dialog G20 Sustainable Vegetable Oils Conference Rumuskan Strategi dan Kebijakan Minyak Nabati Global