Home / Bandar Lampung

Jumat, 11 Agustus 2023 - 21:23 WIB

Pupuk Kebersamaan dan Kerjasama, Kodim 0410/KBL Gelar Gebyar Lomba Kemerdekaan RI ke-78

BANDAR LAMPUNG, Buanaangkasa.com — Kodim 0410/KBL kembali menggelar Gebyar Lomba dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berbagai perlombaan mulai dari perlombaan anak-anak hingga perlombaaan Dewasa digelar di Markas Kodim 0410 Kota Bandar Lampung, Jum’at (11/8/2023), Sejumlah Prajurit, PNS, Persit dan anak-anak dari keluarga besar Kodim 0410/KBL mengikuti lomba-lomba dengan gembira.

Dandim 0410/KBL Kolonel Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel.,MMDS, melalui Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Hendry Ginting S.I.P mengatakan, kegiatan ini untuk memeriahkan HUT RI ke-78 yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

Baca Juga :  Dandim dan Walikota Bandarlampung Pantau Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

“Jadi, gebyar lomba ini sengaja di gelar untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republi Indonesia yang ke-78,” kata Letkol Hendry di lokasi kegiatan, Jum’at (16/8)

Secara umum, Letkol Hendry mengatakan tradisi-tradisi dari bangsa Nusantara ini tidak lepas dari nilai. Hampir semua yang menjadi kebiasaan masyarakat, memiliki nilai-nilai luhur yang terselip di dalamnya.

“Karena itu tradisi-tradisi dalam lomba 17 Agustus itu juga pasti mengandung makna yang hendak diajarkan oleh sesepuh atau bahkan leluhur terdahulu kepada generasi saat ini. Makna-makna itu menjadi modal untuk diaktualkan dalam Gebyar Lomba saat ini,” pungkasnya

Baca Juga :  Anggota Koramil 410-04/TKT Sosialisasikan Pembentukan Kampung Pancasila di Wilayah

Ia menambahkan, Pengemasan dalam bentuk permainan, bahkan dilombakan, menunjukkan kecerdasan para leluhur Nusantara dalam pola penanaman nilai-nilai tertentu kepada anak cucunya, sehingga generasi muda tidak merasa dipaksa mengerjakan, bahkan dilakukan dengan penuh keriangan serta kemeriahan.

” Nilai umum lainnya dalam lomba-lomba 17-an itu adalah memupuk kebersamaan dan budaya kerja sama yang menjadi fondasi utama saat bangsa kita dulu berjuang mengusir penjajah,” tandasnya.

(*)

Share :

Baca Juga

Bandar Lampung

TMMD Ke-116 Bersinergi Dukung Percepatan Pembangunan Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung

Pj. Gubernur Samsudin Pantau PPDB di SMAN 2 Bandarlampung

Bandar Lampung

Dandim 0410/KBL Hadiri Rakerwil Komisariat Wilayah II Apeksi Sumbagsel 2024

Bandar Lampung

Liga Santri Piala Kasad Tingkat Kodim 0410/KBL Secara Resmi Di Tutup

Bandar Lampung

Koramil 410-01/Panjang Lanjutkan Vaksinasi Siswa MI di wilayah Binaan

Bandar Lampung

Kompak, TNI Polri Bersama Komponen Masyarakat Laksanakan Jum’at Bersih di Wihara Bodhisatthva

Bandar Lampung

Letda Inf Sunarto Ikuti Rakor Tim Kewaspadaan Dini dan FKDM Bandar Lampung

Bandar Lampung

Lembaga KAMPUD Hadiri Acara Silaturahmi di Kelurahan Waylaga, Bandar Lampung