Home / Nasional

Rabu, 6 September 2023 - 22:43 WIB

Berbaju Adat Betawi, Presiden dan Ibu Iriana Gelar Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN

Buanaangkasa.com — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo menggelar jamuan santap malam atau gala dinner bagi para pemimpin negara ASEAN yang hadir di Jakarta dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN. Jamuan makan malam tersebut diselenggarakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (06/09/2023).

Presiden Jokowi dan Ibu Negara yang tampak mengenakan baju adat Betawi bernuansa warna jingga menyambut para pemimpin negara ASEAN, negara mitra, dan lembaga internasional beserta pendamping yang datang secara bertahap di Hutan Kota GBK. Para pemimpin tersebut tampak hadir dengan mengenakan pakaian batik, pakaian khas Indonesia. Usai berfoto bersama dengan masing-masing pemimpin dan pendamping, Presiden pun mempersilakan para undangan untuk memasuki area ruang makan.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lantik Kepala Otorita IKN dan Gubernur Sulsel

Mengawali gala dinner, Presiden Jokowi mengajak seluruh tamu undangan untuk istirahat sejenak dari rangkaian pertemuan KTT ke-43 dan menikmati malam di Jakarta.

“Selamat datang di Gala Dinner KTT ASEAN ke-43. Saya tahu ini hari yang panjang. Kita telah mengadakan enam KTT hari ini. Tapi sekarang, mari kita nikmati malam ini dan rayakan kebersamaan kita,” ujar Presiden.

Presiden menambahkan, untuk mengiringi jamuan santap malam Indonesia telah mempersiapkan pertunjukan yang dipersembahkan oleh para generasi muda bangsa Indonesia.

“Malam ini Indonesia akan menampilkan karya-karya terbaik generasi muda Indonesia. Jadi silakan, duduk, santai dan nikmati,” ucapnya.

Baca Juga :  Percepat Pernyerapan Produk Dalam Negeri, Pemerintah Gelar Business Matching Tahap 2

Sambil menikmati sajian makan malam, para tamu undangan disuguhi beragam penampilan kesenian, di antaranya alunan sasando, alat musik tradisional dari Nusa Tenggara Timur, yang dimainkan oleh seorang musisi, pertunjukan tarian dari negara anggota ASEAN, hingga sejumlah persembahan nyanyian dari sederet musisi Indonesia.

Turut hadir dalam jamuan makan malam ini, antara lain, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri,, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, serta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

(UN/*) 

 

Share :

Baca Juga

Jakarta

Bahlil Sebut Perdagangan Karbon Indonesia Terbuka namun Teregistrasi

Nasional

Dana Indonesiana Bukti Komitmen Pemerintah Dukung Kebudayaan

Jakarta

Terima Surat dari FIFA, Presiden Instruksikan Dua Hal kepada PSSI

Jakarta

Menko Airlangga: Pelarangan Ekspor Minyak Goreng Berlaku Hingga Harga Minyak Goreng Curah Rp 14 Ribu/Liter Di Seluruh Indonesia

Nasional

Soal Insiden Polisi Tembak Polisi, Presiden: Usut Tuntas, Buka Apa Adanya

Jakarta

Sebut Masyarakat Timbun Minyak Goreng, Putu Supadma: Kemendag Jangan ‘Ngeles’

Jawa Barat

Presiden Jokowi Sambut PM Jepang Fumio Kishida di Istana Bogor

Jawa Barat

Presiden: Perbanyak Dokter Spesialis