Home / Jakarta / Nasional

Senin, 2 Oktober 2023 - 22:55 WIB

Menko Marves Optimistis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah Lintasan

Buanaangkasa.com — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meyakini keberadaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan memberikan manfaat bagi masyarakat terutama yang berada di daerah lintasan, mulai dari pembukaan lapangan kerja hingga peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan Luhut pada Peresmian Operasional KCJB, di Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur, Senin (02/10/2023).

“Mulai dari terciptanya lapangan kerja baru, utamanya bagi masyarakat lokal, menghadirkan multiplier effect terhadap moda transportasi lainnya atau kendaraan-kendaraan feeder, menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah yang dilintasi oleh jalur kereta api cepat,” ujar Luhut.

Baca Juga :  Perkuat Talenta Digital Indonesia, Kementerian Kominfo Sediakan 200 Beasiswa S2 Dalam dan Luar Negeri

Selain itu, imbuh Luhut, bangsa Indonesia juga memperoleh manfaat peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dari transfer teknologi modern yang digunakan dalam kereta cepat.

Technology transfer yang mutakhir terutama di bidang konstruksi dan modernisasi sistem perkeretaapian,” imbuhnya.

Keberadaan kereta cepat ini juga berkontribusi terhadap upaya pengurangan kemacetan dan polusi udara di kota-kota besar terutama Jakarta dan Bandung. Oleh karena itu, Luhut berharap masyarakat dapat memanfaatkan moda transportasi ini dan beralih dari kendaraan pribadi.

“Ke depannya kami berharap kereta api cepat Jakarta-Bandung akan mendorong masyarakat untuk lebih menggunakan transportasi umum dalam rangka mengurangi angka emisi karbon dari sektor kendaraan pribadi,” ujarnya.

Baca Juga :  Soal Menteri Berkampanye, Presiden: Saya Minta Fokus Bekerja

Sebelum resmi beroperasi, uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah dilakukan selama tiga minggu. Luhut mengungkapkan adanya antusiasme yang luar biasa dari masyarakat untuk menjajal moda transportasi nan modern ini.

“Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis   KCJB, maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian kereta api cepat Jakarta-Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis,” tandasnya.

Foto: Humas Setkab

(*)

Share :

Baca Juga

Jakarta

Ukraina Apresiasi Tinggi Upaya Pemerintah Indonesia Turut Mendorong Penyelesaian Konflik dan Membantu Penanganan Dampak Konflik

Nasional

Presiden Jokowi Akan Hadiri Forum Global Pengurangan Risiko Bencana di Bali

Jakarta

Menko Perekonomian Bersama Para Menteri dan Tiga Gubernur, Mendorong Percepatan Pembangunan di Kawasan-Kawasan yang Ditetapkan di Tiga Perpres Percepatan Pembangunan Ekonomi

Nasional

Presiden Buka Silaturahmi Nasional Persatuan Purnawirawan TNI AD

Nasional

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich

Jakarta

Ajak Jaga Soliditas Nasional, Menteri Johnny: Pemerintah Tidak Pernah Lakukan Peretasan 

Nasional

Menko Airlangga Dukung Produksi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Akselerasi Net Zero Emission

Jakarta

Ketua Presidium FPII Minta Rektor Untad Hentikan Diskriminasi Terhadap Media Pers