Home / Nasional

Jumat, 25 Februari 2022 - 19:38 WIB

Peningkatan Layanan Logistik dan Kepelabuhanan di Batam dalam Upaya Mendorong Minat Investasi

Buanaangkasa.com-Batam:

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik, ekonomi Indonesia pada kuartal IV tahun 2021 tumbuh sebesar 5,02% (yoy) dengan pertumbuhan rata-rata di 2021 sebesar 3,69% (yoy). Efektivitas dalam pengendalian Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional berhasil memberikan dampak positif kepada perekonomian Indonesia.

Pemulihan ekonomi yang terjadi di seluruh daerah di Indonesia juga dipengaruhi adanya perbaikan perekonomian global hingga peningkatan komoditas ekspor Indonesia. Batam yang difokuskan sebagai hub logistik internasional, tentunya akan memegang andil besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya Provinsi Kepulauan Riau. Total ekspor Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2021 tercatat sebesar US$16.019,12 juta sedangkan total impornya selama 2021 mencapai US$14.515,85 juta, di mana pelabuhan Batu Ampar mencatatkan ekspor dan impor terbesar dibanding pelabuhan lain di Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas 2024, Seskab Dorong Kolaborasi Majukan Pendidikan Nasional

Pengembangan secara menyeluruh di wilayah Batam tentunya akan menghasilkan peningkatan pelayanan investasi, terutama di sektor logistik. Oleh karena itu, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengadakan rapat bersama BP Batam dan stakeholder terkait lainnya di Batam, Jumat (25/02), guna mendengarkan secara langsung berbagai masukan terkait percepatan pembangunan pelabuhan di Batam dan peningkatan layanan logistik serta layanan kepelabuhanan di Batam.

“Peran pelabuhan memang sangat penting dalam perekonomian nasional. Pemerintah tentunya akan terus melakukan pengembangan dan perbaikan, termasuk di Batam,” tutur Sesmenko Susiwijono.

Baca Juga :  Raih 29 Medali Emas, Indonesia Peringkat Ke-6 Klasemen Akhir Asian Para Games Hangzhou 2022

Selanjutnya, Pemerintah akan mendorong percepatan penyelesaian pembangunan pelabuhan di Batam, serta akan dilakukan koordinasi dan sinkronisasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah agar pelabuhan di Batam dapat segera rampung dan beroperasi dengan optimal.

Pemerintah juga berkomitmen akan terus berupaya untuk mengembangkan pelabuhan di Batam beserta peningkatan pelayanan kepelabuhanan termasuk penyesuaian tarif, agar produk-produk Indonesia yang dikirim ke luar negeri melalui Batam akan tetap kompetitif dan memiliki pasar internasional. Selain itu, pengembangan iklim investasi juga sangat diperlukan agar investor tertarik menanamkan investasinya di Batam. (Red)

Share :

Baca Juga

Jawa Barat

Soal Menteri Berkampanye, Presiden: Saya Minta Fokus Bekerja

Jakarta

Jelang Libur Panjang, Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Ke Luar Negeri

Nasional

Dibuka Presiden Jokowi, KTT G20 Resmi Dimulai

Nasional

Bertolak ke Bandung, Wapres Akan Resmikan Digitalisasi Pertanian dan Tinjau BLK Lembang

Jakarta

Menko Airlangga: Pemerintah Dorong Program Santripreneur Untuk Ciptakan Wirausahawan yang Tangguh

Nasional

Fasilitasi Perdagangan, Logistik, dan Infrastruktur dalam Mendukung Potensi Komoditas Hortikultura Berorientasi Ekspor

Jawa Timur

Resmikan Bandara Trunojoyo, Presiden: Tingkatkan Daya Saing dan Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Jawa Barat

Kemendagri Gandeng Pusdik Intelkam Polri Gelar Diklat Dasar Intelijen