Home / Nasional

Jumat, 4 Maret 2022 - 16:09 WIB

Rombongan WNI yang Dievakuasi dari Ukraina Tiba di Indonesia

Buanaangkasa.com-Rombongan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di tanah air. Pesawat Garuda yang membawa 80 orang WNI tersebut mendarat di Bandar Udara (Bandara) Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 17.10 WIB, Kamis (03/03/2022).

“Sebanyak 80 warga negara Indonesia dan 3 warga negara asing yang merupakan keluarga dari WNI berada di dalam rombongan. Kepada WNI yang baru saja dievakuasi dari Ukraina, saya sampaikan selamat datang di tanah air dan selamat berkumpul dengan keluarga,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, dalam keterangan pers tertulisya, dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jumat (04/03/2022).

Menlu menjelaskan, tim penjemput dari Jakarta berangkat menuju Bucharest, Rumania dari Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (02/03/2022) pukul 18.40 WIB dan tiba di Bandara Henri Coanda, Bucharest, Kamis (03/03/2022) pukul 15.10 waktu setempat. Pesawat penjemput kembali diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat atau 5,5 jam setelah mendarat.

“Rute perjalanan yang ditempuh adalah Bucharest – Madinah – Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 17 jam,” ujarnya.

Baca Juga :  Salurkan Bansos di Sumenep, Presiden: Penyaluran BLT Minyak Goreng Lancar

Lebih lanjut Retno mengungkapkan, terdapat sebanyak 14 orang evacuee yang masih harus tinggal di Bucharest untuk sementara waktu dan belum dapat ikut dalam rombongan kepulangan ini.  Sebanyak 12 orang terdeteksi positif COVID-19 sedangkan 2 orang lainnya memilih tinggal di Bucharest untuk menemani anak mereka yang positif COVID-19.

“Sebanyak 14 orang tersebut akan terus dipantau dan didampingi oleh KBRI di Bucharest. Jika kondisi kesehatan sudah memungkinkan, mereka akan dipulangkan dengan pesawat komersial,” ujarnya.

Dalam keterangan persnya, Menlu juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja sama untuk mengevakuasi WNI dari Ukraina.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Duta Besar RI di Bucharest, Warsawa, Kiev dan Moskow beserta seluruh tim yang telah bahu-membahu bekerja sama melakukan evakuasi yang sangat tidak mudah ini,” ujarnya.

Apresiasi juga disampaikan Menlu kepada tim penjemput yang terdiri dari TNI, Badan Intelijen Negara, Garuda Indonesia, serta pihak terkait lainnya yang telah membantu kelancaran jalannya penjemputan.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pak Menteri Pertahanan, yang dalam hal ini diwakili oleh Pak Wakil Menteri Pertahanan, yang telah memberikan beberapa advis selama proses evakuasi. Apresiasi juga kami sampaikan kepada BP2MI yang akan memfasilitasi kepulangan PMI untuk kembali ke daerah masing-masing,” tandasnya.

Baca Juga :  Sukseskan Presidensi G20, Berikut Bukti Dukungan dari Sektor Pangan dan Agribisnis Indonesia

Evakuasi Terus Dilakukan
Pada kesempatan itu, Menlu juga mengungkapkan bahwa sebanyak 4 WNI di Kharkiv sudah dapat keluar dari Kharkiv dan tiba di Lviv dengan selamat. Kharkiv merupakan kota terbesar kedua di Ukraina dan pertempuran masih terus berlangsung di kota tersebut.

“Tim KBRI Warsawa sudah bertemu dan menjemput mereka, 4 orang WNI tersebut dan bergabung pula satu tambahan WNI yang sudah tiba dan bertemu tim penjemput di Kota Lviv,” ungkapnya.

Para WNI tersebut kemudian akan dibawa ke safehouse Rzeszow, Polandia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk tes PCR. Setelah itu, mereka akan dibawa ke Warsawa untuk menunggu kepulangan ke Indonesia.

“Pemerintah akan terus berupaya untuk melakukan evakuasi 9 WNI yang masih berada di Kota Chernihiv,” imbuh Retno. (red) 

Share :

Baca Juga

Jakarta

Menko Airlangga: Kolaborasi dan Sinergi dengan Perguruan Tinggi Penting untuk Mengakselerasi Peningkatan Kualitas SDM dan Transformasi Ekonomi

Jakarta

Kolaborasi Ekosistem Infrastruktur untuk Mendorong Pemulihan Ekonomi dan Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

Jawa Timur

Presiden Jokowi Hadiri Pengukuhan Pimpinan Pusat Pagar Nusa

Jawa Barat

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Kenegaraan PM Palestina

Nasional

Hadapi Gerak Dinamis Era Digitalisasi, Menko Airlangga Ajak Generasi Muda Untuk Adaptif dan Technology Savvy

Nasional

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI Menerima Audiensi Anggota Ombudsman RI

Nasional

Kunjungi Gereja di Sekitar Kota Bogor, Presiden Ucapkan Selamat Natal bagi Umat Kristiani

Nasional

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Vietnam, Bahas Perdagangan hingga Perundingan ZEE