Home / Nasional

Senin, 4 September 2023 - 23:33 WIB

Terima Direktur Pelaksana IMF, Presiden Bahas Situasi Ekonomi Global

Buanaangkasa.com — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva beserta delegasi di Ruang Jepara, Istana Merdeka, Jakarta, Senin (04/09/2023). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi antara lain berbincang mengenai situasi ekonomi global.

“Pada saat berbicara dengan World Bank dan IMF beliau melakukan tukar pikiran mengenai masalah situasi ekonomi dunia,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dalam keterangannya usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga :  Paparkan Prospek Ekonomi Indonesia Dalam US-Indonesia Investment Summit 2022, Menko Airlangga Tekankan Kepastian Hukum dan Kemudahan Berusaha

Menurut Retno, baik Presiden Bank Dunia maupun Direktur Pelaksana IMF menyampaikan apresiasi atas prestasi ekonomi Indonesia. Keduanya memuji pertumbuhan ekonomi Indonesia sekaligus kemampuan Indonesia menekan inflasi pada saat yang sama.

“Managing Director IMF bahkan mengatakan bahwa ASEAN is a bright spot di tengah situasi dunia yang sulit dan Indonesia dikatakan sebagai source of joy, source of hope,” ungkapnya.

Baca Juga :  Menkeu: APBD Harus Selaras dengan Arah Kebijakan Fiskal dan Prioritas Nasional

“Dan ini juga memberikan pelajaran juga bagi negara-negara berkembang, kalau Indonesia bisa maka negara berkembang lain juga harus bisa,” imbuhnya.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yaitu Menlu Retno Marsudi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Sumber: PMI SETPRES

(*)

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Jokowi Ajak Muhammadiyah Wujudkan Pemilu Damai

Nasional

Presiden Berduka atas Tragedi di Kanjuruhan, Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Nasional

Melalui AIWW, Pemerintah Turut Rancang dan Implementasikan Tindakan Untuk Menyelesaikan Masalah Air di Asia

Nasional

Jelang KTT Ke-43 ASEAN, Angkasa Pura Pastikan Tak Ada Penutupan Penerbangan Reguler di Soetta

Nasional

Presiden Jokowi Lantik Kepala Otorita IKN dan Gubernur Sulsel

Nasional

World Bank Siap Mendukung Langkah Transisi Energi Indonesia Guna Mengurangi Emisi Karbon

Nasional

Menko Airlangga: Peningkatan Ketahanan Kesehatan Global Dapat Dicapai Melalui Teknologi, SDM, dan Pembiayaan yang Memadai

Nasional

Kiprah Empat Penerjemah Setkab Sukseskan Gelaran GPDRR 2022