Home / Daerah / Tubaba

Sabtu, 12 Februari 2022 - 14:32 WIB

Menko Perekonomian RI Hadiri Panen Raya Perdana Padi Gogo di Tubaba

Buanaangkasa.com-Tubaba:

Dr.Ir.H. Airlangga Hartarto, M.B.A.,M.M.T. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik ( Kabinet Indonesia Maju ) hadiri Panen Raya Perdana Padi Gogo Tegalan bertempat di Areal PT Huma Indah Mekar (HIM) Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung, Sabtu (12/02/2022).

Dalam kesempatannya Menteri Koordinator bidang Perekonomian Republik Indonesia Dr. Ir. H. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T. (Kabinet Indonesia Maju) mengatakan Panen Raya Perdana Padi Gogo ini merupakan Inovasi untuk Negeri, Pertanian Modern Kelompok Usaha Bakrie.

“Peretas Padi Gogo ini memberikan hasil positif dan harus didorong untuk di budidayakan di tanah kering,” kata Airlangga Hartarto.

Dirinya juga mengucapkan Selamat Kelompok Usaha Bakrie dalam rangka Ulang Tahun KE-80.

“Ucapan terima kasih untuk pertama kali ini ketemu pak Abu Rizal Bakrie dan ketemunya di tubaba,” ujarnya.

“Indonesia 3 tahun terakhir tidak pernah impor beras. Kita bisa berswasembada beras Nasional. Pemerintah juga harus mendorong pasca panen untuk kebutuhan peralatan pertanian.
Oleh karena itu pak Presiden RI meminta tingkatkan nilai tukar pertanian. Alhamdulillah, Berdasarkan data BPS sudah 100%,” kata airlangga.

Hadir pada kesempatan Panen Raya Padi Gogo tersebut Abu Rizal Bakrie(ARB), Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi
,Deputi II (Pangan dan Pertanian) Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Ir. Musdhalifah Machmud, MT,ADC Menko Perekonomian, Anindya Bakrie,Ny. Anindhita Anestya Bakrie, Roy Hendrajanto Martasakti,Direktur BSP Adhika Andrayudha Bakrie,Direktur BNBR Okder Pendrian, Direktur BSP Andi W. Setianto, Dirjen Tanaman Pangan, Kementan Bapak Suwandi, Koordinator Substansi Evaluasi dan Pelaporan Kementan RI Batara Siagian, Bupati Tulang Bawang Barat Ir. Umar Ahmad.SP, Ketua DPRD Kab Tulang Bawang Barat Ponco Nugroho, Dandim 0412/LU Letkol Inf Andi Sultan, S.Pd.,MH, Kapolres Tuba Barat AKBP Sunhot P. Silalahi, S.Ik., MM, Danlanud Pangeran M. Bunyamin Tuba Letkol Nav Yohanas Ridwan, S.T, Dansat Brimob Polda Lampung. AKBP Wahyu Widarso Suprapto, S.I.K., M.Si, Sekdakab Tulang Bawang Barat Ir. Novriwan Jaya.SP, Kadis Pertanian Provinsi Lampung Ir. Kusnardi 17. Kadis Perkebunan Provinsi Lampung Bapak Ir. Achmad Chrisna Putra,Ketua Tim Penilai Usaha Perkebunan Prov Lampung Ny. Elia, Para Ka.OPD Pemkab Tulang Bawang Barat,Kadis Pertanian & Perkebunan Pemkab Tulang Bawang Barat Syamsul Komar, SP, Kadis Lingkungan Hidup Firmansyah, Danramil 412-01/TBT Kapten Inf Jauhari, Kapolsek Tulang Bawang Tengah AKP Ansori, Camat Tulang Bawang Tengah Achmad Nazaruddin, S.IP, M.Ip.,Para Pimpinan PT. HIM, serta Beberapa Kepalo Tiyuh di Tubaba dan Tuba.

Baca Juga :  Sosialisasi Core Values “berAKHLAK”, Gubernur Lampung Minta ASN Memiliki Jiwa Melayani

Ditempat yang sama Gubernur Lampung Ir.H.Arinal Djunaidi Apresiasi Program tanam Padi Gogo yang menjadi terobosan terbaru oleh Kelompok Usaha Bakrie.

“Terima kasih atas program bapak Bakrie dalam mengembangkan padi Gogo di Lampung, semoga program padi Gogo ini bisa berkembang dan meningkatkan swasembada pangan di Lampung khususnya, para petani,”Kata Arinal Djunaidi.

Direktur BSP Adhika Andrayudha Bakrie juga mengatakan Kelompok usaha Bakrie mendukung Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pengembangan padi Gogo.

Baca Juga :  Puan Berharap BDF Kian Perkuat Demokrasi di Tengah Tantangan Pandemi Covid-19

“Padi Gogo unggul di lahan kering
Hasil panen Gogo di atas 5 Ton dan sudah pernah Uji coba hasil panennya menghasilkan 5,3 Ton padi dalam satu hektar,” ucap diRektur Adhika.

“Kami berharap dan memohon dukungan kepada bapak Menteri, agar kami dapat mengembangkan potensi petani Indonesia menjadi pertanian terbaik di Dunia,” kata dia.

Masih ditempat yang sama Abu Rizal Bakrie (ARB) mengatakan uji coba ini berhasil dari lima varietas padi, kami dapatkan dua varietas padi yang kualitas padinya baik, berasnya pulen, dan cocok ditanam ditanah kering dan saat ditanya awak media soal masjid al bakrie yang akan dibangun dibandar lampung, ARB mengatakan segera mungkin akan dibangun, asalkan kita sudah dapat izin dari bapak gubernur lampung, di 2022 ini langsung kita bangun.

“Uji coba ini berhasil, dari lima varietas, kami dapatkan dua varietas padi yang kualitasnya baik, berasnya pulen dan cocok ditanam di tanah kering dan untuk masjid al bakrie untuk gambarnya kami sudah mendapatkan izin dari Gubernur lampung, tinggal menunggu persetujuan cetaknya kemudian langsung kita bangun secepatnya di 2022 ini”. Kata ARB

Usai panen raya padi Gogo, Rombongan dan Mentri Melanjutkan Perjalanan dalam kegiatan Peresmian Pasar Pulung Kencana yang masih di daerah Tubaba.(Red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Satresnarkoba Polres Tulang Bawang Tangkap Pemuda Asal Tanah Miring Lampung Utara

Daerah

Pelaku Curanmor Beserta Pembelinya Ditangkap Polsek Banjar Agung

Daerah

WAKA POLRES TULANG BAWANG BARAT PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

Daerah

Kapolres Tulang Bawang Barat Memimpin Apel Kesiapan Personil Pengamanan TPS Pemilu 2024 dan Penyerahan Sarpras

Daerah

Sekdakab Tubaba Dampingi Kunker Ketua Komisi IV DPR-RI ke Lahan Padi Gogo PT. HIM

Daerah

Polres Tulang Bawang Gelar Pengamanan Secara Ketat Rapat Pleno Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Daerah

Bupati Winarti Sambut Kunjungan Kapolda Lampung ke Kabupaten Tulang Bawang

Daerah

Polres Tulang Bawang Barat Bersama Kodim 0412-LU Siap Amankan Pilkatiyuh Serentak Tahun 2021