Home / Nasional

Jumat, 4 Agustus 2023 - 23:04 WIB

Presiden Tegaskan Pemilihan Penjabat Kepala Daerah Akuntabel dan Transparan

Buanaangkasa.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemilihan penjabat kepala daerah telah melalui proses yang akuntabel dan transparan. Seperti usulan nama, Presiden menyebut bahwa masukan nama berasal dari daerah untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Apanya yang enggak akuntabel, apanya yang enggak transparan? Wong masukannya dari bawah semua, kan dari daerah. Dari daerah ya kan, ke Kemendagri terus baru naik ke kita di TPA [tim penilai akhir], semuanya terbuka,” ujar Presiden menjawab pertanyaan wartawan, usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (04/08/2023).

Baca Juga :  Pemerintah Segera Salurkan BLT Minyak Goreng untuk 20,65 Juta KPM

Terkait Penjabat Gubernur Jawa Barat, Presiden mengatakan bahwa DPRD Provinsi Jawa Barat telah mengusulkan tiga nama untuk mengisi jabatan tersebut. Namun, Kepala Negara mengaku belum menerima daftar ketiga nama tersebut.

Baca Juga :  DPR Sahkan 2 Calon Anggota BPK Periode 2022-2027

“Iya sudah ada tapi belum sampai ke saya. Namanya saya belum tahu, yang jelas tiga. Yang jelas tiga, biasanya dari DPRD, dari bawah tiga,” lanjutnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan selesai pada 5 September 2023. Selanjutnya, jabatan tersebut diisi oleh penjabat gubernur hingga pemilihan kepala daerah pada 2024 mendatang.

(KS/UN/*)

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Cukai Rokok Naik, Pemerintah Diminta Antisipasi Peredaran Rokok Ilegal

Nasional

Gunakan Concrete Deliverables, Presidensi G20 Indonesia Dorong Solusi Berupa Aksi Nyata bagi Harapan Hidup yang Lebih Baik

Nasional

Hadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional, Menko Airlangga Gelorakan Semangat Transformasi dan Pemberdayaan Koperasi

Jawa Barat

Presiden Jokowi Bahas Solusi Damai Rusia-Ukraina dengan Pemimpin Dunia

Nasional

Menko Airlangga Pimpin Leaders’ Offsite Meeting Kemenko Perekonomian

Nasional

Tingkatkan Optimisme dan Kinerja Terbaik Bagi Perekonomian Indonesia, Kemenko Perekonomian Lakukan Evaluasi Kebijakan dan Program

Nasional

Menkominfo Dorong Ketersediaan STB dengan Harga Terjangkau

Jakarta

Silatnas Apdesi 2022, Mendagri Beberkan Upaya Pemerintah Perkuat Pembangunan Desa