Home / Lamsel

Sabtu, 25 November 2023 - 20:56 WIB

Bupati Nanang Ermanto Hadiri Acara Khegah Talam Juadah

Lamsel, Buanaangkasa.com —

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Ketua Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Lampung Selatan menghadiri acara Khegah Talam Juadah di Taman Agro Wisata, Kalianda, Sabtu (25/11/2023).

Acara adat ini merupakan tradisi kearifan lokal daerah dari masyarakat Lampung Pesisir. Tradisi Khegah Talam biasanya berisi makanan untuk dua porsi dan sudah berisi makanan utama dan penutup.

Pagelaran Khegah Talam Juadah diselenggarakan karena ingin mengangkat Juadah sebagai kue adat. ke depan kue adat ini bisa tetap dilestarikan dan tidak hilang dimakan zaman.

Baca Juga :  Bupati Lampung Selatan Sampaikan Raperda APBD TA 2024 ke DPRD

Budayawan Lampung Selatan Budiman Yakub berharap, kegiatan ini dapat melestarikan budaya daerah lokal dan memperkenalkannya ke tingkat nasional. Salah satu caranya yaitu dengan membuat lumbung juadah.

“Maka dewan kesenian Lampung Selatan ingin mempunyai yang namanya lumbung, lumbung juadah. Lampung Selatan melalui dinas dinas yang ada sehingga bisa dikenal dari sabang hingga merauke,” katanya.

Sementara itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Khegah Talam Juadah.

Baca Juga :  Tutup Lampung Selatan Expo, Bupati Nanang Ermanto Hadirkan TS Projects dan Jecovox

Dirinya berharap, kegiatan kebudayaan seperti ini dapat terus terselenggara setiap tahunnya. Sehingga, kebudayaan daerah Lampung khusunya Lampung Selatan bisa tetap lestari dan dikembangkan menjadi lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan ini kita lestarikan setiap tahunnya. Kita punya kalender tahunan, agenda kegiatan seperti ini bisa kita masukkan. Bagaimana ini kita kembangkan bahwa ini adalah warisan leluhur yang perlu kita lestarikan,” ujar Nanang.

(Red)

Share :

Baca Juga

Lamsel

Kepala Dinas Kominfo Lampung Selatan Jenguk Marhadan, Jurnalis Yang Mengidap Penyakit Parkinson

Lamsel

Juwanto Mantan Kades Rangai Tritunggal Diminta Inspektorat Segera Mengembalikan Kerugian Negara

Lamsel

Kabupaten Lampung Selatan Kirim 56 Kafilah Berlaga di MTQ Tingkat Provinsi Lampung ke – 50

Lamsel

Plt Camat Merbau Mataram Diduga Paksa 15 Kepala Desa Untuk Setia dan Mendukung Salah Satu CaBub Lamsel

Daerah

Wakapolda Lampung Cek Kesiapan Pos Yan JTTS KM 20 dan Pelabuhan Bakauheni

Lamsel

Peringati Hari Batik Nasional, Kajari Lampung Selatan dan DKLS Membatik Bersama

Lamsel

Diduga Oknum Camat Merbau Mataram Intimidasi Kepala Desa, Ketua Umum Lembaga PRL: Bentuk Kejahatan Terhadap Hak Konstitusi

Lamsel

Kesiapan Pengamanan Nataru 2023/2024, Bupati Lamsel Ikuti Apel Gelar Pasukan “Operasi Lilin Krakatau”