Home / Daerah / Tubaba

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 18:54 WIB

Mengenal Lebih Dekat Tulang Bawang Barat Bersama Bupati Umar Ahmad S.P

Buanaangkasa.com-Tubaba:
Budaya atau dalam nama lain disebut sebagai kultur merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang, seperti hal Indonesia dengan negara kepulauan tentu memiliki sangat banyak ragam kebudayaan.

Sebagai warga negara tentu kita harus mengenal keberagaman itu , salah satu cara mengenalkan apa yang dimiliki suatu Daerah tentu harus membangun komunikasi yang baik dan mudah dimengerti, seperti yang dilakukan Sekolah Lentera Harapan menggelar Talkshow bertajuk Bulan Bahasa dan Pekan Nusantara untuk mengenalkan kebudayaan khususnya generasi muda anak usia dini.

Pagelaran yang berlangsung di Sekolah Lentera Harapan, Tiyuh Mulya Jaya, Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat pada Jumat (29/10). Dihadiri langsung oleh Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad S.P , Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Budiman Jaya beserta jajaran dan anak usia dini dengan menggunakan beragam baju adat tradisional.

Baca Juga :  Pria di Tubaba Tikam Istrinya dengan sebilah obeng gegara Kesal Digugat Cerai

Dalam acara Talk Show, Bupati menjelaskan bagaimana proses pembangunan Tubaba diawali dengan pembangunan karakter manusianya.

Bupati mengenalkan prinsip Nemen-Nedes-Neremo dan Setara-Selaras-Lestari kepada peserta Talk Show, sebagai karakter manusia Tubaba.

Ciri orang Tubaba ialah orang yang memegang teguh prinsip Nemen Nedes dan Nerimo (Nenemo) serta Sederhana, Setara dan Lestari (SSL).

“Orang Tubaba harus bekerja keras (Nemen), tahan banting (Nedes) dan ikhlas menerima hasil yang didapat atas usaha yang dilakukan (Nerimo). Serta memiliki gaya hidup yang sederhana. Tidak merasa lebih tinggi atau hebat dan tetap menjaga kelestarian alam,” jelas Umar Ahmad.

Baca Juga :  Satlantas Polres Tulang Bawang Olah TKP Kecelakaan di JTTS

Menjawab pertanyaan salah satu peserta, Bupati mengatakan bahwasanya budaya adalah semua kreasi yang dapat diciptakan oleh manusia dan menjadi kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus. Nenemo-SSL sebagai salah satu jalan Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam Menuju Tubaba.

Seperti yang sering diucapkannya dalam berbagai kesempatan bahwa kini Tubaba bukan hanya sekedar singkatan dari Tulang Bawang Barat. Tetapi Tubaba adalah sebuah masa depan yang ingin dituju oleh Tulang Bawang Barat. Sebuah cita-cita pembangunan baik manusia maupun pembangunan wilayahnya.

Mengakhiri acara tersebut, Bupati menandatangani prasasti sekaligus berpesan agar Sekolah Lentera Harapan dapat menjadi motor bagi masyarakat di sekitar Gunung Agung dalam hal pentingnya pendidikan karakter anak-anak di Tubaba.
(HK)

Share :

Baca Juga

Daerah

Polres Tulang Bawang Barat Terima Kunjungan Tim Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda Lampung

Daerah

Raden Adipati Beri Bonus Umroh Atlet asal Way Kanan Peraih Emas PON XX

Daerah

Buronan Kasus Curas di Kampung Kagungan Dalam Ditangkap Polisi, Begini Modusnya

Daerah

Dalam Rangka Memperingati HUT Bhayangkara Ke 77, Polres Tulang Bawang Barat Gelar Donor Darah

Daerah

KONFERENSI PERS UNGKAP KASUS PEMBUNUHAN ANAK DIBAWAH UMUR YANG DILAKUKAN OLEH IBU TIRINYA

Daerah

Upacara Tradisi Penyambutan Bintara Remaja Diktuk Brigadir Polri T.A. 2022 Polres Tubaba

Daerah

Amankan Pilkades Serentak, Polres Tulang Bawang Barat Kirim Satu Peleton BKO ke Polres Way Kanan

Daerah

Muncul Transmisi Lokal Omicron, Puan Imbau Masyarakat Hindari Kerumunan Akhir Tahun