Home / Daerah / Tubaba

Senin, 20 Maret 2023 - 19:30 WIB

70 Pelajar Dilantik Jadi Patroli Keamanan Sekolah untuk Cegah Tawuran

Tulang Bawang Barat

Buanaangkasa.com — Sebanyak 70 pelajar tingkat SMA dan SMK di Kabupaten Tulang Bawang Barat dilantik Satlantas Polres Tulang Bawang Barat menjadi Patroli Keamanan Sekolah (PKS).

Mereka dibentuk untuk mengawasi atau memantau dari tindakan-tindakan negatif para pelajar yang terjadi di dalam dan luar sekolah. Salah satunya seperti aksi tawuran yang beberapa bulan ini sedang marak.

Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Ndaru Istimawan, S.IK, yang diwakili oleh Kabagren Kompol Dirhamsyah mengatakan puluhan pelajar tersebut berasal dari 4 sekolah tingkat SMAN 1 Tumijajar, SMAN 2 Tulang Bawang Tengah, SMAN 1 Tulang Bawang Tengah dan SMK Muhammadiyah, di mana setiap sekolah diwakili oleh 15 pelajar.

Baca Juga :  Jelang HUT Bhayangkara Ke -76 Polres Tubaba menggelar Bhakti Kesehatan Donor Darah

PKS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang biasa ada di jenjang SMP maupun SMA.

“Patroli keamanan sekolah ini dibentuk dalam rangka membantu tugas polisi di sekolah-sekolah,” katanya usai upacara pelantikan, Senin 20 Maret 2023.

Selain mengawasi atau memantau kenakalan para pelajar, PKS juga wajib mengetahui peraturan-peraturan kelalulintasan. Para pelanggar selanjutnya akan dilaporkan kepada pihak guru.

Dirham berharap, PKS mampu memupuk dan melahirkan pelajar disiplin terkait tata tertib lalulintas baik di sekolah maupun di luar sekolah.

“Selain itu, PKS juga diharapkan mampu menjalankan aksi anti narkoba, anti tawuran dan anti kekerasan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,” paparnya.

Baca Juga :  Setubuhi Pelajar SMP Kelas 1, Oknum Buruh di Banjar Dewa Ditangkap Polsek Banjar Agung

Dalam pelantikan tersebut beberapa guru bidang kesiswaan dihadirkan untuk lebih dapat mengetahui dan memantau keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah masing-masing.

Dengan demikian, di masa yang akan datang para pelajar akan menjadi generasi yang telah memiliki disiplin dan sopan santun berlalu lintas.

“Meski di lingkungan sekolah sudah ada guru, tenaga pendidik hingga satpam, keberadaan anggota Patroli Keamanan Sekolah ini juga sangat penting. PKS dapat membantu guru kesiswaan dalam menjalankan proses ketertiban di lingkungan sekolah,” tutup Dirham.*

(humas_tubaba/*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kunjungi MPP Tubaba, Siswa-siswi MA PSA Istiqomah Islamiyah Disambut Hangat Kepala DPMPTSP

Daerah

Bupati Winarti Resmikan Jembatan Way Badar 1 Dan Menyerahkan Dana Desa

Daerah

Polres Tulang Bawang Gelar Turnamen Mini Soccer Sambut Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022

Daerah

Cegah C3 dan Aksi Balapan Liar, Polsek Banjar Agung Rutin Gelar Patroli Subuh

Daerah

Pos Yan Unit 2 Gelar Kegiatan Berbagi Kepada Sesama

Daerah

Gerebek Rumah Kontrakan, Satrenarkoba Polres Tulang Bawang Tangkap Dua Pelaku

Daerah

Cegah Aksi Balap Liar, Polres Tulang Bawang Gelar KRYD Malam Hari di Akhir Pekan

Daerah

Pengadaan Kefarmasian Dinkes Tubaba Ada indikasi Pecah Paket