Home / Nasional

Rabu, 8 November 2023 - 22:53 WIB

Buka Rakernas BKM, Presiden Dorong Masjid Jadi Pusat Kemajuan Bangsa dan Pembinaan Umat

Buanaangkasa.com — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan agar keberadaan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) dapat mendorong masjid menjadi pusat pembinaan umat dan kemajuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BKM, di Istana Negara, Rabu (08/11/2023).

“Melalui peran BKM kita harapkan rumah-rumah ibadah ini dapat dikelola secara profesional, moderat, dan berdaya, maslahat bagi umat, sehingga masjid dapat menjadi pusat pembinaan umat, menjadi pusat kemajuan bangsa, dan masjid yang ramah bagi semuanya,” ujar Presiden.

Presiden meyakini, dengan anggota yang mencapai lebih dari 17.600 masjid dan tersebar di seluruh pelosok tanah air, potensi manfaat BKM sangat besar bagi umat Isalam dan bangsa Indonesia. Presiden juga berharap agar rumah-rumah ibadah dapat menjadi tempat yang khidmat untuk beribadah, mempersatukan keberagaman, sekaligus tempat yang edukatif  untuk pembelajaran karakter.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Gelar Rapat Matangkan Persiapan KTT G20

“Saya juga berharap pengurus BKM, baik yang di pusat maupun yang di daerah, ini dapat aktif bersinergi, aktif berkolaborasi untuk menjaga masjid dari ancaman intoleransi dan ekstremisme serta dari politisasi yang memecah belah, yang tidak mempersatukan kita, tidak menjadikan kita rukun, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa dapat terus dijaga,” ujarnya.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Lantik Rycko Amelza Dahniel Sebagai Kepala BNPT

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengapresiasi upaya revitalisasi BKM yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Menurut Presiden BKM telah ada sejak tahun 1964.

“Dua minggu yang lalu Pak Menteri bisik-bisik ke saya, ‘Pak, ini ada BKM harus kita aktifkan kembali seperti yang lalu-lalu tahun-tahun 60-an.’ Saya sampaikan, ‘Siap Pak Menteri.’ Maksudnya siap itu kalau ada regulasi yang diperlukan kami siapkan, entah itu perpres, entah itu keppres, nanti kita siapkan. Yang lain-lainnya urusannya Pak Menteri,” pungkasnya.

(*)

 

Share :

Baca Juga

Jakarta

Gempa Nias Berada di Zona Megathrust, Puan Maharani: Mitigasi Harus Diperkuat

Jakarta

Dorong Petani Gunakan Bibit Genetically Modified Organism, Pemerintah Tingkatkan Upaya Ketahanan Pangan Nasional

Jakarta

KUR Goes to Campus: Pemerintah Akselerasi Program Petani Milenial dan Berikan Akses Pembiayaan Murah

Jakarta

Ketua Presidium FPII Minta Rektor Untad Hentikan Diskriminasi Terhadap Media Pers

Jakarta

Presiden Jokowi Sapa Tim INASAR Lewat Video Call, Tanya Kondisi di Turki

Jakarta

Menko Airlangga Sambut Baik Memorandum of Understanding Kerja Sama Ekonomi Digital dengan Republik Rakyat Tiongkok

Nasional

Presiden Jokowi Bertolak ke Amerika Serikat Hadiri KTT AS-ASEAN

Nasional

Komisi VI Soroti Kinerja Sejumlah Perusahaan BUMN