Home / Daerah / Kesehatan / Tubaba

Rabu, 13 Oktober 2021 - 23:47 WIB

Hari santri nasional Dinkes Tubaba Mengadakan Khitan Massal Di Puskesmas Dayamurni

Buanaangkasa.com-tubaba

Puluhan anak di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), mengikuti sunat massal gratis yang diadakan di Puskesmas Dayamurni, kecamatan Tumijajar. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tanggal 22 Oktober 2021 mendatang.

Koordinator bakti sosial khitanan massal, Yulisir, yang juga mantan Kepala Puskesmas Dayamurni menyebutkan, bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Dinas kesehatan Tubaba, kementerian Agama Tubaba dan organisasi masyarakat yang ada di kabupaten setempat

“Tahun ini kita hanya mampu mengkhitankan masal sebanyak 40 orang anak, semoga tahun depan bisa bertambah, Saya berterima kasih kepada tenaga kesehatan, kementerian agama dan seluruh donatur yang dengan sukarela membantu kegiatan ini, harapan kita kegiatan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu,” ujar pengurus Lembaga Kesehatan Nahdlatul ulama (LKNU) kabupaten Tubaba ini, Rabu (13/10/2021).

Dalam pelaksanaannya dinas kesehatan, menerjunkan delapan tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Dayamurni, panitia HSN tidak membebani peserta dengan biaya apapun dan menyiapkan bingkisan berupa sarung serta uang saku ala kadarnya sebagai ucapan terima kasih telah berpartisipasi dalam kegiatan khitan massal tahun ini.

Baca Juga :  Ratusan personil Polres Tubaba Polda Lampung melaksanakan sholat ied di Halaman Polres Tubaba

Kepala Kemenag kabupaten Tubaba, yang diwakili oleh kepala seksi pendidikan Islam, Nuning Herwiyati, mengatakan, bahwa anak yang disunat hari ini tidak hanya dari kalangan santri, pondok pesantren, TPQ maupun madrasah Diniyah saja namun dari masyarakat pada umumnya.

“Kami harapkan kegiatan Hari Santri tidak hanya dirayakan santri saja, namun setiap kegiatannya benar-benar langsung dirasakan oleh masyarakat. Makanya kami mengharapkan kegiatan ini tidak berhenti disini saja,” harapnya.

Terpisah, kepala bagian kesejahteraan masyarakat (Kesra) pemerintah daerah kabupaten Tubaba, Nur kholis, mewakili pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HSN tahun ke 6 ini.

” Insyaallah tahun depan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat melalui bagian Kesra Tubaba siap mensupport HSN, mohon juga dukungan semua pihak, Khususnya Kementerian Agama, seluruh Kiyai dan santrinya di Seluruh Pondok Pesantren yang ada di Tubaba, Organisasi Keagamaan kita bersinergi bersama agar peringatan Hari Santri Nasional kedepan lebih berkesan, semarak dan penuh keberkahan,” kata Nur kholis.

Baca Juga :  Bupati Lampura Melaksanakan Sholat Idul Adha di Halaman Pemda Setempat

Ketua pelaksana HSN tingkat kabupaten Tubaba, KY Mahsun Ali Maksum, mewakili segenap panitia, menyampaikan ucapan terimakasih, kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya rangkaian HSN tahun ini.

“Terimakasih atas kerjasama dan kebersamaan dari semua Panitia HSN, sehingga Kegiatan HSN dapat berjalan dengan baik,lancar sesuai dengan rencana, walaupun tentunya ada kendala dana,mudah mudahan Alloh memberikan kemudahan kecukupan,” kata Gus Maksum.

Sebagaimana diketahui, rangkaian kegiatan HSN tingkat kabupaten Tubaba, dengan tema “Santri Sehat Jiwa Dan Raga “telah berlangsung sejak tanggal 5 Oktober 2021 kemarin dan berakhir pada tanggal 22 Oktober mendatang, adapun kegiatan yang diselenggarakan diantaranya, vaksinasi terhadap 1600 santri kerjasama dengan TNI-Polri. (HK).

Share :

Baca Juga

Daerah

Sambut HUT Bhayangkara ke 76, Polres Tubaba Gelar Pengajian Do’a dan Santunan Yatim

Daerah

Pemkab Tubaba Menggelar Musrenbang Tingkat Kabupaten Tahun 2023

Daerah

Satlantas Polres Tulang Bawang Berikan Edukasi Sejak Dini Kepada Ratusan Pelajar SD

Daerah

Polres Tulang Bawang Lakukan Patroli dan Pam di Tempat Wisata, Berikut Lokasi dan Tujuannya

Daerah

Polres Tubaba Melaksanakan Pengamanan Pencairan BLT BBM di Kantor Pos

Daerah

Peringati Hari Lahir Pancasila, AKBP Jibrael: Harus Dipraktikkan dan Diaktulisasikan

Daerah

Konsumsi Narkoba, Pemuda Asal Karta Raharja Ini Ditangkap Polisi

Daerah

Jelang HUT Humas Polri Ke-71, Sihumas Polres Tubaba Laksanakan Bantuan Sosial